F&B Business

Cara Mengatasi Karyawan yang Korupsi di Restoran, Yuk simak!

September 9, 2023
3 mins read

Kecurangan di tempat kerja, termasuk restoran terkadang memang sulit dicegah. Karenanya, mengetahui sikap yang tepat sebagai cara mengatasi karyawan yang korupsi penting untuk dipahami.

Selain persaingan bisnis kuliner dan kerugiannya, kecurangan karyawan juga menjadi tantangan tersendiri bagi setiap bisnis restoran.

Bahkan, menurut data dari National Restaurant Association, sebanyak 75% kekurangan inventori terjadi karena adanya kecurangan dari karyawan restoran.

Yuk, simak penjelasan seputar cara mengatasi karyawan yang korupsi di restoran dalam artikel berikut ini.

Bentuk-Bentuk Korupsi Karyawan Restoran

Kasus kecurangan karyawan restoran tidak hanya sekadar mengambil uang dari kasir saja, lho.

Ada beberapa bentuk korupsi karyawan restoran yang penting untuk Anda pahami, sehingga bisa mencegahnya.

1. Pencurian di Konter Kasir

Hal ini bisa terjadi ketika pelanggan salah memesan salah satu menu di restoran, namun pelayan memberikan menu yang dipesan namun tidak memasukkan dalam pembukuan dan menyimpan uang tunai.

Kasus lain yang bisa terjadi adalah langsung mengambil uang tunai dari mesin kasir. Hal ini akan sangat rentan bila Anda tidak memiliki catatan transaksi.

2. Memberikan Makanan Gratis terlalu Banyak

Beberapa restoran terkadang memberikan makanan gratis sebagai promo, tester, atau bentuk apresiasi kepada pelanggan tetap.

Hal tersebut wajar dilakukan. Namun, yang tidak wajar adalah ketika karyawan terlalu sering memberikan tester kepada konsumen, terutama kenalannya sendiri.

Kebiasaan ini tentunya perlu segera dihentikan. Jika tidak, maka restoran berpotensi mengalami kerugian.

3. Membatalkan Penjualan setelah Closing

Jangan pikir kecurangan karyawan hanya bisa dilakukan pada jam operasional. No! Pencurian juga bisa terjadi saat jam kerja.

Misalnya saja, karyawan diam-diam membatalkan satu pesanan dari keseluruhan pesanan untuk mengantongi uang seharga menu tersebut tanpa memasukkan dalam rekap transaksi harian.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Laporan Bisnis Kuliner, Yuk Simak!

Cara Mengatasi Karyawan yang Korupsi di Restoran

Jika sudah memahami beberapa modus karyawan yang perlu diwaspadai, lantas bagaimana cara mengatasi karyawan yang korupsi di restoran? Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

1. Mengumpulkan Bukti Kecurangan

Sebagai pemilik bisnis yang bijaksana, sebaiknya Anda mencari bukti mengenai tindakan korupsi karyawan terlebih dahulu sebelum melakukan confront.

Anda memerlukan bukti yang kuat agar karyawan tersebut tidak dapat memiliki alasan untuk lari dari masalah. Karena, dugaan saja tidak bisa menyelesaikan masalah ini.

Misalnya saja, korupsi hasil penjualan bisa dilakukan dengan mencocokkan transaksi, menu yang terjual, hingga ketersediaan bahan baku.

2. Menyelesaikan secara Kekeluargaan

Cara mengatasi karyawan yang korupsi di restoran berikutnya adalah mencoba menyelesaikannya secara kekeluargaan, misalnya dengan mengembalikan sejumlah yang sudah diambilnya.

3. Menempuh Jalur Hukum

Menempuh jalur hukum adalah pilihan terakhir dalam cara mengatasi karyawan yang korupsi di restoran.

Upaya ini bisa dilakukan apabila kedua pihak tidak dapat menyelesaikannya secara damai atau kekeluargaan atau bila kesalahannya terlalu besar. 

Itulah penjelasan mengenai beberapa cara mengatasi karyawan yang korupsi yang bisa Anda lakukan jika mengalami masalah ini di restoran.

Namun, selain mengatasi masalah tersebut, penting bagi pemilik restoran untuk melakukan evaluasi dan memperketat peraturan karyawan restoran.

Nah, menggunakan aplikasi POS Runchise bisa menjadi salah satunya. Runchise telah dilengkapi dengan fitur Multi Outlet Management yang membantu Anda menjalankan audit restoran.

Fitur Multi Outlet Management juga memudahkan pemilik bisnis untuk mengelompokkan outlet restoran atau franchise sehingga bisa melakukan pemantauan dan evaluasi dalam satu aplikasi saja.

Tidak hanya sampai di situ, Runchise juga memiliki fitur Supply Chain Management yang bisa membantu Anda melakukan pemantauan persediaan bahan baku secara real time.

Hal ini akan memudahkan Anda membandingkan hasil penjualan dan penggunaan bahan baku. Dengan begitu, indikasi kecurangan akan lebih mudah terdeteksi.

Jangan khawatir akan keamanannya, karena data yang sifatnya privasi bisa terjadi keamanannya berkat akses pengguna yang dapat diatur secara fleksibel di Runchise.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai fitur yang kami tawarkan? Yuk, segera jadwalkan demo dengan tim Runchise!

Baca Juga: Tips Mengelola Usaha dengan Banyak Cabang, Yuk Simak!

Artikel lainnya