F&B Business

Pengertian dan Contoh Pembayaran Split Bill dalam Restoran

September 7, 2023
3 mins read

Split bill adalah suatu sistem pembayaran tagihan yang berasal dari beberapa sumber. Tentu, Anda sudah tidak asing bukan dengan istilah ini?

Ya, split bill adalah sistem pembayaran yang diterapkan oleh pelanggan yang ingin membayar makanannya sendiri-sendiri meski sedang makan bersama di satu tempat.

Split bill sebenarnya tidak hanya memudahkan pelanggan untuk bertransaksi, tetapi juga memberikan keuntungan bagi pemilik bisnis restoran. Yuk, simak penjelasannya di sini. 

Apa itu Split Bill?

Split payment atau split bill adalah sistem pembayaran yang menggunakan lebih dari satu sumber untuk menyelesaikan satu transaksi.

Sistem pembayaran ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran secara terpisah terhadap satu kelompok pesanan yang sama.

Mudahnya, split bill artinya pembayaran untuk satu pesanan makanan namun dengan metode pembayaran yang berbeda.

Jika Anda memiliki sebuah kafe, maka dengan adanya split bill, pelanggan dapat membayar makannya secara terpisah meskipun mereka berada di satu meja dan pesan di waktu bersamaan.

Apalagi, budaya split bill di Indonesia kini masih sangat kental antar pertemanan. Sehingga, akan lebih baik jika pemilik bisnis restoran juga menyediakan layanan ini.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Menu Restoran dan Manajemennya, Yuk Simak! 

Cara Kerja Split Bill

Split payment adalah layanan yang perlu dipertimbangan untuk disediakan oleh para pemilik bisnis restoran.

Pasalnya, jika Anda menyediakan layanan sistem pembayaran yang fleksibel, maka pelanggan pun akan lebih nyaman bertransaksi dengan Anda.

Jadi, selain menyediakan berbagai jenis metode pembayaran, sebaiknya perhatikan juga layanan sistem pembayaran sesuai dengan preferensi target pasar Anda, misalnya open bill, split bill, atau closed bill.

Umumnya, split bill dilakukan dengan pembayaran awal (open bill) setelah para pelanggan memesan menu mereka masing-masing.

Jika And menjalankan gerai makanan atau restoran, cobalah menawarkan sistem split payment atau split bill pada pelanggan yang hendak membayar makanannya sendiri-sendiri.

Baca Juga: Pentingnya Software Akuntansi Terintegrasi Bagi Bisnis F&B

Manfaat Split Bill

Salah satu manfaat penerapan split bill adalah bisa memberikan fleksibilitas pelanggan dalam berbagi biaya makan dengan teman atau keluarga mereka.

Melalui layanan ini, restoran juga bisa meningkatkan penjualannya. Mengingat bahwa sistem pembayaran ini banyak dibutuhkan, maka dengan menghadirkan split bill di bisnis Anda, restoran dapat menarik lebih banyak konsumen.

Pembagian biaya yang jelas dan adil langsung dari restoran juga dapat membantu mengurangi potensi konflik di antara pelanggan terkait dengan biaya makan mereka.

Jadi, dengan menyediakan layanan ini, bisnis restoran Anda akan tampak lebih ramah dan perhatian terhadap preferensi pelanggan.

Itulah penjelasan mengenai sistem pembayaran tagihan split bill. Berbicara mengenai sistem pembayaran tagihan, sebagai pemilik bisnis restoran akan lebih baik jika Anda menerapkan sistem yang dapat memudahkan pelanggan.

Kini, Anda dapat memanfaatkan aplikasi POS Runchise yang sudah dilengkapi dengan fitur QR Dine In. Memang, apa keuntungannya?

Fitur QR Dine In memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan menu langsung dari meja tanpa antri, bahkan membayar tagihan melalui aplikasi (open bill) atau pembayaran di kasir (closed bill).

Sistem pembayaran tagihan secara open bill akan memudahkan pelanggan yang lebih suka membayar dengan cashless. Sedangkan, closed bill dapat menjadi pilihan bagi pelanggan yang hanya bisa membayar dengan uang tunai.

Aplikasi POS Runchise menawarkan berbagai fitur-fitur menarik lain yang pastinya memudahkan operasional bisnis restoran Anda. Ingin tahu lebih banyak? Yuk, jadwalkan demo dengan kami!

Baca Juga: Begini Cara Membuat QRIS All Payment untuk Restoran Anda

Artikel lainnya